Rabu, 01 April 2015

No April Mop !!




Layaknya Valentine yang dijadikan sebagai perayaan hari kasih sayang, ada satu kebiasaan jahiliah lain yang patut kita waspadai bersama sebagai seorang Muslim; 1 April sebagai hari April Mop. April Mop sendiri adalah hari dilegalkannya dusta, di mana orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Tapi tahukah Anda apakah April Mop itu sebenarnya?

April Mop atau April Fool's Day merupakan tradisi barat yang kini mulai ditiru oleh muda mudi dinegara kita yang notabene mayoritas penganut agama islam. Pada prakteknya, April Mop atau April Fool's Day adalah mengerjai atau membohongi orang dengan tujuan mengibur atau lelucon. Sebagai perayaannya, tanggal 1 April diperbolehkan untuk mengerjai orang, mulai dari yang muda hingga tua. Semua memperingatinya dengan suka cita. Mereka menganggap perayaan ini sebagai trend modern,  tak dipungkiri sebagian dari mereka masih banyak yang belum mengetahui sejarah asal muasal hari tersebut. Mereka melakukanya  hanya berdasarkan” ikut ikutan".
Cerita singkatnya dulu pada tanggal 1 april 1487 pasukan salib menguasai Spanyol. Saat itu muslim telah menduduki Spanyol. Ketika kota terkepung, pembantaian kecil pun terjadi. Tentara salib dengan keji membantai kaum muslim, termasuk perempuan dan anak-anak. Setelah pembantaian kecil itu, tentara salib berjanji untuk memberi kesempatan kepada kaum muslim meninggalkan Spanyol melalui pelabuhan Granada. Dimana tentara salib telah menyiapkan ratusan kapal. Sebagian muslim percaya dan ada juga yang tidak percaya. Mereka tetap di rumah untuk bersembunyi. Karena memang hari berbohong, maka rumah-rumah dibakar dan tewaslah muslim yang berdiam di dalamnya. Sementara kapal-kapal yang disediakan juga turut dibakar. Kekejian tentara salib bertambah menyala-nyala pembantaian besarpun terjadi. Ribuan muslim di pelabuhan dikepung dan dibantai dengan tanpa rasa kemanusiaan. Mereka yang tewas kebanyakan dari anak-anak dan perempuan. Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April’s Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain. Bagi umat kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.


Didalam Islam hukum berdusta adalah dosa. Orang yang berdusta mereka itulah termasuk  bagian dari orang munafik “dan apabila mereka berkata mereka berdusta” berdusta dengan dalih untuk menghibur tidaklah dibenarkan dalam ajaran islam . Islam mengajarkan kita agar berkata jujur, meski terkadang kebenaran itu pahit untuk diterima. Seorang muslim yang baik adalah yang dia berkata benar atau diam. Lidah tak bertulang luka dibadan akan sembuh jika diobati namun luka dihati akibat dari lidah yang tajam akan sulit terobati. Begitulah islam sangat memperhatikan ucapan yang keluar dari lidah umatnya. Bergurau dibolehkan asal tidak mengandung unsur hinaan, ejekan, pelecehan, dusta apalagi sampai melukai hati saudara kita. Sebab seorang muslim akan hilang muru’ahnya ketika ia banyak bicara lagi tidak berguna.

Janganlah banyak tertawa! Sesungguhnya banyak tertawa akan mematikan hati.”  ( HR At-Tirmidzi no. 2305. Syaikh Al-Albani berkata, “Hasan.” (Shahih Sunan At-Tirmidzi.))

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
Celakalah orang yang berbicara kemudian dia berdusta agar suatu kaum tertawa karenanya. Kecelakaan untuknya. Kecelakaan untuknya.” (HR Abu Dawud no. 4990. Syaikh Al-Albani berkata, “Hasan.” (Shahih Targhib wat-Tarhiib no. 2944))

Bagi umat Islam, April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari di mana ribuan saudara-saudara se-iman kita disembelih dan dibantai oleh tentara salib di Granada, Spanyol. Sebab itu, adalah sangat tidak pantas juga ada orang Islam yang ikut-ikutan merayakan tradisi ini. Siapapun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, 5 abad silam.
Dan kini apakah kita masih ingin tetap merayakannya??? Tidakkah kita menjadi orang yang keji seperti mereka ( tentara salib )???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar